1. Hari ini sebelum kamu mengatakan kata-kata yang tidak baik, pikirkan tentang seseorang yang tidak dapat berbicara sama sekali. 2. Sebelum kamu mengeluh tentang rasa dari makananmu, pikirkan tentang seseorang yang tidak punya apapun untuk dimakan. 3. Sebelum anda mengeluh tidak punya apa-apa, pikirkan tentang seseorang yang meminta-minta di jalanan. 4. Sebelum kamu mengeluh bahwa kamu buruk, pikirkan tentang seseorang yang berada pada tingkat yang terburuk di dalam hidupnya. 5. Sebelum kamu mengeluh tentang suami atau istrimu, pikirkan tentang seseorang yang memohon kepada Allah untuk diberikan teman hidup. 6. Hari ini sebelum kamu mengeluh tentang hidupmu, pikirkan tentang seseorang yang meninggal terlalu cepat. 7. Sebelum kamu mengeluh tentang anak-anakmu, pikirkan tentang seseorang yang sangat ingin mempunyai anak tetapi dirinya mandul. 8. Sebelum kamu mengeluh tentang rumahmu yang kotor karena pembantumu tidak mengerjakan tugasnya, pikirkan tentang orang-orang yang tinggal dijalanan. 9. Sebelum kamu mengeluh tentang jauhnya kamu telah menyetir, pikirkan tentang seseorang yang menempuh jarak yang sama dengan berjalan. 10. Dan disaat kamu lelah dan mengeluh tentang pekerjaanmu, pikirkan tentang pengangguran, orang-orang cacat yang berharap mereka mempunyai pekerjaan seperti anda. 11. Sebelum kamu menunjukkan jari dan menyalahkan orang lain, ingatlah bahwa tidak ada seorangpun yang tidak berdosa. 12. Marilah kita mulai menyelaraskan antara pikiran benar, ucapan benar dan perbuatan benar untuk membentuk kebiasaan benar dalam membangun karakter yang benar pula sehingga pada akhirnya kita bisa menuai ‘hasil’ yang baik dan benar pula dalam semua aspek kehidupan kita.
| Jumat, 16 Januari 2009
8 Success Plan
Oleh Matias Suwanto




Anda ingin sukses? Lalu bagaimana merencanakan kesuksesan itu? Berikut kami jelaskan 8 Success Plan yang harus anda lakukan.

1. BERDOA!
Ingat Tuhan Anda! Dia memberikan apa yang Anda minta.

2. PUNYA IMPIAN!!
Semua berawal dari mimpi. Bangunlah impian besar anda dan jangan biarkan orang lain mencuri mimpi Anda!

3. SERIUSLAH MENGUBAH HIDUP ANDA!
Keputusan Andalah yang membawa perubahan. Mulailah dengan membuat keputusan hari ini!
 
4. USAHA! BERGERAKLAH!
Latih mental Anda. KELUARLAH DARI COMFORT ZONE ANDA! Berusahalah meningkatkan kemampuan Anda. Hari ini akan sama dengan hari kemarin jika Anda tidak berusaha. TERUSLAH BERGERAK! Bertemu dengan banyak orang, bangun rasa percaya diri Anda, ubah penampilan dan kata-kata Anda.
 
5. MINTA BANTUAN dan BUAT RENCANA!
Libatkan diri Anda pada setiap acara pertemuan. Dengarkan pengalaman mereka yang telah sukses. Ikutlah aneka training atau seminar yang dapat mempercepat kesuksesan Anda.
 
6. HADAPI TANTANGAN!
Buatlah komitmen! Dengan komitmen, Anda laksana kereta yang berjalan pada relnya. Penolakan-penolakan di masa lalu akan mengajarkan Anda untuk merubah haluan. Orang yang tidak mempunyai masalah dan tantangan adalah mereka yang tidak melakukan apa-apa. Jika Anda bertahan, maka Anda akan melihat hasil dari kerja keras Anda! Kembangkan terus pengetahuan dan keyakinan Anda.
 
7. POSITIVE THINKING!
Pikirkan apa yang akan Anda peroleh! Pikiran adalah Magnet. Anda akan terpengaruh oleh orang-orang di sekitar Anda. Jika Anda bergabung dengan orang-orang sukses, maka Anda akan belajar sukses. Jika Anda bergabung dengan orang-orang antusias, Anda akan menjadi antusias! Bergabung dengan orang-orang yang berpikir positive thinking, Anda pun akan menjadi positive thinking!
Para pemikir positive tahu bahwa pikiran mereka akan membawa ke tujuan mereka.
 
8. JANGAN MENYERAH!
Keuletan! Inilah unsur utama yang memenangkan segala hal. Keuletan adalah aturan mainnya. Teguhkan diri Anda untuk terus konsisten, fokus, semangat dan disiplin.
 
 
   Banyak yang sudah mendapatkan kesuksesan di sekitar lingkungan kerjanya, yang pada dasarnya tanpa di sadari kunci kesuksesan atas keberhasilan tersebut terletak di dalam diri kita sendiri sendiri. Kunci kesuksesan tersebut adalah menjadi pemimpin sejati bagi team usahanya dan dirinya sendiri.
   Saya ingat pepatah kuno : "Burung Garuda tidak terbang secara berkelompok, dia terbang sendiri, tinggi, selalu waspada dan menukik menangkap mangsanya dengan kecepatan tinggi"... Menurut hemat saya, Garuda melambangkan keperkasaan, ketelitian, kecepatan dan selalu fokus. Semua ini melambangkan kemampuan memimpin atau kepemimpinan (Leadership).
   Apakah diri kita bisa menjadi seseorang Leader yang baik?? BISA!!... Walaupun memang ada yang mengatakan bahwa seorang pemimpin itu merupakan sebuah anugerah Tuhan,... tetapi jangan salah,... setiap orang bisa menjadi pemimpin yang baik. Menjadi seorang PEMIMPIN dapat dipelajari, jadi Anda, saya dan setiap orang bisa berfungsi sebagai seorang PEMIMPIN. 
   Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, untuk menjadi seorang PEMIMPIN, beberapa hal dibawah ini dapat Anda lakukan bila ingin menjadi seorang PEMIMPIN / LEADER yang baik.
 
VISIONARY
   Anda harus memiliki visi yang jelas bagi diri sendiri maupun bagi jaringan Anda, Visi yang ingin Anda capai di tahun depan. Ada 3 hal kunci yang penting untuk membuat Visi dalam hidup Anda :
  1. Selaraskan Visi Anda dengan sesuatu yang sangat Anda senangi, misalnya kalau Anda senang berkumpul dengan banyak orang dan ingin menjadi orang terkenal, tidak salahnya Anda memiliki impian untuk selalu dikelilingi orang-orang yang kagum akan Anda.
  2. Tetap tegar dan gigih, jangan mudah dipengaruhi orang lain atau tidak fokus pada Visi hidupnya sendiri.
  3. Tetaplah rendah hati bukan rendah diri, sikap rendah hati dan tidak pernah menyerah merupakan kunci sukses untuk mencapai impian dan misi hidup kita.
 OPTIMIS
   Memiliki optimisme menumbuhkan motivasi diri sendiri dan tim untuk selalu belajar dan bertumbuh bersama untuk mencapai kesuksesan, jangan memikirkan kepentingan sendiri, tetapi dahulukan kepentingan team/jaringan kita.
Ada akronim yaitu B-ALERT (Be Alert) artinya : SIAGA
  1. B => BLUEPRINT : memiliki rencana dalam bisnis ini, mulai dari rencana untuk setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, bahkan jika perlu untuk tahun-tahun yang akan datang (ingat anak cucu kita).
  2. A => ACTION : jangan pernah menunda pekerjaan yang telah Anda rencanakan, segera Anda prioritaskan pekerjaan kita.
  3. L => LEARNING : belajar, adalah satu hal yang harus kita lakukan. Hidup kita ini adalah proses belajar agar kita hidup lebih bijaksana, dan tumbuh secara mental, emosional dan spiritual.
  4. E => EXERCISE : latihan/olahraga, bertanggung jawablah atas kesehatan dan kebugaran Anda, jadi jangan pernah lupa untuk melakukan kegiatan olahraga walau sesibuk apapun.
  5. R => RELAXING : relaksasi bagian terpenting yang harus kita lakukan setiap hari, luangkan waktu untuk merenung, beribadah dan mensyukuri akan semua hal yang telah terjadi dalam hidup kita.
  6. T => THINK : Anda harus mengevaluasi hal-hal apa yang telah Anda lakukan dalam mengembangkan jaringan Anda, memikirkan kembali hal-hal apa yang telah dilakukan untuk mencapai Visi Anda dan memikirkan hal-hal apa yang belum Anda lakukan, sehingga Anda dapat mengetahui sampai dimana Visi yang Anda inginkan telah tercapai atau belum.
 
INTEGRITAS
   Kejujuran/ketetapan hati, yang artinya : PEMIMPIN yang baik harus memiliki integritas, membangun karakter dan integritas sebagai dasar menumbuhkan kepercayaan dan respek dari team yang Anda pimpin.
 
KOMUNIKASI
   Seseorang pemimpin harus mampu membangun komunikasi yang baik dan efektif.
 
EMPOWERING
   Pemimpin inspiratif : seseorang pemimpin yang baik harus mampu menimbulkan sinergi dan kerjasama kreatif dalam team.
 
 
   Saat ini akan menjadi tahapan baru untuk kita bisa berkomitment menjadi PEMIMPIN SEJATI. Kunci semuanya adalah :"Sudah siapkah Anda mencapai kesuksesan itu dengan menjadi seseorang LEADER yang baik, paling tidak bagi diri kita terlebih dahulu???? Dan sebarkan semangat/motivasi seorang pemimpin bagi jaringan Anda, bagi team Anda.
Bangunlah pemimpin-pemimpin dalam jaringan Anda, sebanyak mungkin. Jangan hanya puas untuk menjadi penonton saja.TEAM disini bisa Anda artikan : TOGETHER EVERYONE ACHIEVE MORE... Dengan bekerja sama setiap orang dapat memperoleh hasil yang lebih baik daripada jika dikerjakan sendiri... Jadi toghetherness bukan hanya menjadi slogan saja, tetapi dapat segera Anda lakukan saat ini....
Congratulation!!! Bagi Anda yang menyikapi dengan penuh keyakinan, bahwa semua impian pasti dapat diraih. Amin!

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Profil Facebook Budi Santosa Arief